Rancang Bangun Prototype Sistem Pengendalian pH Pada Bejana Karbonator Dengan Skema Batch Process Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Roni Heru Triyanto Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Cepu, Indonesia
  • Satrio Wahyu rachmawan PT. Control Systems Arena Para Nusa
  • Pujianto Pujianto Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Cepu, Indonesia

Keywords:

pH, Karbonatasi, Batch Process, Arduino, Labview

Abstract

Prototype sistem pengendalian pH pada bejana karbonator merepresentasikan  sebuah proses yang ada di industri gula. Bejana karbonator   merupakan   sebuah  reaktor  yang  biasanya   digunakan sebagai proses karbonatasi di industri gula yang mana prosesnya mengendalikan injeksi gas CO2 yang masuk. Proses batch merupakan proses yang terdiri dari beberapa tahapan proses dan berjalan secara bergantian serta berurutan. Dalam hal ini kontroler yang akan mengendalikan  adalah Arduino dan akan dimonitoring oleh labview. Proses ini terdiri dari proses pengisian, proses netralisasi,  kemudian proses  mengalirkan  ke tahapan  selanjutnya,  dari hal tersebut  dapat diketahui bahwa ada dua parameter yang dikendalikan yaitu level dan pH. Proses batch cukup bagus untuk diaplikasikan,  karena nilai pH akhir mendekati dari nilai yang diinginkan. Proses ini memiliki rata- rata error hasil penetralan pH sebesar 6,5 % dan untuk rata-rata akurasinya 93,7 %.

References

Septia Purfadila, Dwi Retno Andriani. 2018. “Analisis Peramalan Produksi dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Produksi Gula Kristal Putih pada Pabrik Gula Mudjopanggoong Kabupaten Tulungaggung”. Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Haris Syukra Pratama, Annisa Kesy Garside. 2021. “ Peningkatan Mutu Gula dengan Metode DRK (Defekasi-Remelt-Karbonatasi) pada Proyek Revitalisasi Pabrik Gula Asembagus di Situbondo.” Program Profesi Insinyur, Universitas Muhammadiyah Malang.

Baikow, Ve. 1982 “ Manufacture and Refining of Raw Cane Sigar”. Consulting Sugar Technologist,

Miami, Florida.

Kamel, Khaled. 2020 “ PLC Batch Process Control Design and Implementation Fundamentals.” Computer Science Deprtment, Texas Southern University.

Rhong Chen, 2017 “ Modeling and Optimization of a Fast Fluidized Bed Reactor for Carbonation

Reactions.” Taiwan: Advanced Control Industrial Processes.

J.C.P Chen, C.Chou, 1993. “ Cane Sugar Handbook.”, New York : John Wiley & Sons INC.

Gunterus, Frans. 1994. “Falsafah Dasar Sistem Pengendalian Proses.” Jakarta: PT. Elex Media

Komputindo

Ari Widiantoko, Bayu Nugroho. 2019 “ Implementasi Sistem Cerdas Pengontrol dan Monitoring MCB Panel Listrik PLN Secara Terpusat pada Laboratorium IIB Darmajaya“ Fakultas Ilmu Komputer, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Siswo Wardoyo, Ri Munarto, Vicky Pratama Putra. 2013 “ Rancang Bangun Data Logger Suhu

Menggunakan Labview. “ Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Febrina Sarlinda, Sarto, dan Muslikhin Hidayat, 2018, “ Kinerja dan Kinetika Produksi Biohidrogen secara Batch dari Sampah Buah Melon dalam Reaktor Tangki Berpengaduk” Jurnal Rekayasa Proses.

Salman Yasir Fakhry Putra, Noor Anis Kundari, Kris Tri Basuki, 2016,” Perancangan Reaktor Batch

Untuk Pemisahan Perak Dari Larutan Bekas Pencucian Film Radiografi” Jurnal Forum Nuklir (JFN).

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Triyanto , R. H., rachmawan, S. W., & Pujianto, P. (2024). Rancang Bangun Prototype Sistem Pengendalian pH Pada Bejana Karbonator Dengan Skema Batch Process Berbasis Mikrokontroler. Journal of Instrumentation and Hardware, 1(1), 10–16. Retrieved from https://jih.akamigas.ac.id/index.php/inhardware/article/view/7

Issue

Section

Articles